Proyek Megah Stargate: Lompatan Besar Microsoft dan OpenAI dalam Dunia Pusat Data AI

Proyek Megah Stargate: Lompatan Besar Microsoft dan OpenAI dalam Dunia Pusat Data AI

epicdigital.id – Microsoft dan OpenAI merencanakan proyek pusat data senilai $100 miliar, yang akan mencakup superkomputer kecerdasan buatan bernama “Stargate” yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2028. Proyek ini diharapkan akan memenuhi permintaan yang meningkat untuk pusat data AI, yang mampu menangani tugas lebih lanjut daripada pusat data tradisional. Proyek yang dibiayai oleh Microsoft ini diharapkan menjadi yang terbesar dalam serangkaian superkomputer yang ingin dibangun oleh kedua perusahaan dalam enam tahun ke depan. Fase utama dari proyek ini melibatkan pengadaan chip AI, dengan biaya yang mungkin melebihi $115 miliar, lebih dari tiga kali lipat pengeluaran kapital Microsoft tahun lalu

Dalam upaya bersama yang mengesankan, Microsoft dan OpenAI mengumumkan rencana ambisius untuk membangun proyek pusat data senilai $100 miliar. Proyek yang mendapat julukan “Stargate” ini tidak hanya mencerminkan kemajuan teknologi terkini tetapi juga menandai tonggak sejarah dalam evolusi kecerdasan buatan. Dengan peluncuran yang ditargetkan pada tahun 2028, Stargate diharapkan menjadi pusat komputasi AI terdepan, dirancang untuk memenuhi dan mendorong permintaan global yang terus berkembang untuk teknologi inovatif.

Mengambil langkah lebih jauh dari pusat data konvensional, Stargate bertujuan untuk menangani tugas-tugas yang lebih kompleks, mulai dari pemrosesan bahasa alami hingga pembelajaran mesin tingkat lanjut. Inisiatif ini, yang sepenuhnya didanai oleh Microsoft, diperkirakan akan melampaui semua proyek sebelumnya baik dalam skala maupun dalam ambisi. Pusat data ini direncanakan menjadi bagian dari rangkaian superkomputer yang akan dibangun oleh kedua perusahaan dalam enam tahun mendatang, menegaskan kembali komitmen mereka terhadap inovasi dan penelitian AI.

Fokus utama dalam fase awal proyek adalah pada pengadaan chip AI canggih, dengan biaya yang diperkirakan mencapai lebih dari $115 miliar. Angka ini menunjukkan investasi signifikan yang lebih dari tiga kali lipat dari total pengeluaran kapital Microsoft pada tahun sebelumnya, menandakan betapa pentingnya proyek ini bagi masa depan komputasi.

Selain membawa kemajuan teknologi, proyek Stargate juga diharapkan memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi, menciptakan ribuan pekerjaan, dan memacu inovasi di sektor terkait. Dengan integrasi kecerdasan buatan ke dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, proyek ini menjanjikan era baru di mana teknologi dan manusia dapat bekerja bersama dengan lebih harmonis dan efisien.

Kerjasama antara Microsoft dan OpenAI dalam proyek Stargate tidak hanya menggarisbawahi kekuatan kolaborasi tetapi juga visi bersama mereka untuk masa depan di mana teknologi AI memiliki peran sentral dalam mendorong batas-batas kemungkinan. Dengan proyek ini, kedua perusahaan berharap untuk membuka jalan bagi inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, memperkuat posisi mereka sebagai pemimpin dalam revolusi digital yang sedang berlangsung.